Yuk Ketahui Sejarah Penting Kenaikan Isa Almasih

Dian Hadi Saputra Desember 17, 2022

Yuk Ketahui Sejarah Penting Kenaikan Isa AlmasihKenaikan Isa Almasih akan diperingati oleh umat Kristiani dan Katolik pada tanggal 26 Mei. Pada kenaikan Isa Almasih, umat Kristiani akan merayakan kenaikan Tuhan Yesus ke surga setelah Paskah. Sejak tahun 68 M, Hari Kenaikan Isa Al-Masih diperingati oleh banyak pengikut Yesus. Menurut agama Kristen, Hari Kenaikan Isa Almasih dirayakan pada hari ke-40 setelah Paskah.

Menurut Perjanjian Baru dalam Alkitab, setelah mati di kayu Salib (kejadian Jumat Agung), 3 hari setelah itu Yesus bangkit. Peristiwa ini diperingati sebagai Paskah. Setelah bangkit dari kematian, Isa Almasih masih melihat murid-muridnya selama 40 hari. Selama waktu itu Yesus masih melakukan mujizat bagi murid-muridnya. Lantas, Bagaimana Peredaran Sejarah Kenaikan Isa Al-Masih?

Sejarah Kenaikan Isa Almasih

Dalam Perjanjian Baru tercatat, Yesus pergi ke Bukit Zaitun. Di depan murid-muridnya, Yesus naik ke surga. Dikutip dari beberapa sumber, Hari Kenaikan Yesus ini berarti menandai berakhirnya masa Paskah dan juga mendekati sepuluh hari sebelum Pentakosta. Bagi Gereja Katolik, Hari Kenaikan Isa Almasih diperingati sebagai Hari Kenaikan Tuhan. Biasanya Gereja Katolik merayakan Hari Kenaikan Tuhan dengan beribadah pada perayaan Ekaristi di Gereja.

Meski begitu, tidak ada langkah atau ritual khusus untuk merayakan Misa Kenaikan. Perayaan misa tetap dilaksanakan seperti biasa, diiringi dengan beberapa lagu syukuran. Berbeda dengan perayaan Tri Hari Suci atau Natal di Gereja Katolik yang dirayakan dengan ritual-ritual yang membuatnya semakin semarak.

Gereja Katolik meyakini Hari Kenaikan Tuhan sebagai penebusan janji Isa Almasih. Dikutip dari beberapa sumber, Yesus menjelaskan bahwa dia akan pergi, kepada murid-muridnya. Gereja menafsirkannya sebagai indikasi tentang Kenaikan-Nya ke Surga.

Kenaikan Isa Almasih Menjadi Hari Libur Nasional Di Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan Hari Kenaikan Isa al-Masih sebagai tanggal merah. Sekolah, bank, dan pekerjaan umum siap untuk liburan. Menariknya, Indonesia yang berpenduduk mayoritas beragama Islam telah menetapkan Hari Kenaikan Isa Alamsih sebagai hari libur nasional.

Kenaikan Isa Al-Masih di Indonesia yang jatuh pada hari Kamis yang ditetapkan sebagai tanggal merah. Namun pemerintah tetap mengingatkan sebagian pegawai, khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk tidak menambah hari libur pada hari Jumat. Ini karena Kenaikan Isa Almasih tahun ini dihitung sebagai hari libur yang diperas.

Apakah Paskah Sama Dengan Kenaikan Isa Almasih?

Paskah dan Kenaikan Isa Almasih adalah dua perayaan besar agama Kristen. Kedua perayaan ini sering menimbulkan pertanyaan, karena Paskah atau kebangkitan Yesus dan Kenaikan Isa Almasih memang terdengar mirip. Namun, ternyata berbeda. Lalu, apa hari kenaikan Isa Almasih? Dan apakah Paskah atau kebangkitan Isa Almasih itu?

1. Kenaikan Isa Almasih

Kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Isa Almasih adalah perayaan untuk memperingati kenaikan Yesus ke surga setelah kebangkitannya. Peringatan ini diadakan tepat 40 hari setelah Paskah. Paskah yang selalu jatuh pada hari Minggu membuat peringatan Kenaikan Isa Almasih selalu jatuh pada hari Kamis. Ketika peristiwa ini terjadi di masa lalu, Yesus memberi tahu murid-muridnya bahwa meskipun secara fisik dia tidak lagi ada di sini, dia berjanji untuk selalu bersama semua umat manusia sampai akhir zaman.

2. Paskah

Perayaan Paskah merupakan perayaan keagamaan besar yang paling tua diantara perayaan keagamaan Kristen lainnya. Paskah ini untuk memperingati kebangkitan Yesus dari kematiannya di Bukit Golgota setelah disiksa. Selain itu, perayaan keagamaan ini juga merupakan hari peringatan kemenangan atas penderitaan yang diterima Yesus. Nah, dari sini bisa dilihat bahwa Paskah dan Kenaikan Isa Almasih adalah hari raya keagamaan yang berbeda.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Kenaikan Isa Almasih?

Berikut beberapa tradisi yang biasa dilakukan oleh beberapa negara pada saat kenaikan Isa Almasih:

1. Inggris

Di Inggris, Kenaikan Isa Almasih bukanlah hari libur. Umumnya hanya sekolah yang diliburkan dan beberapa siswa mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan hari itu. Perkantoran, pertokoan, lembaga pendidikan umum, dan angkutan umum masih menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Beberapa kepercayaan lain yang berkaitan dengan takhayul muncul pada perayaan ini. Misalnya, hujan yang turun pada hari itu dimaknai sebagai pertanda gagal panen dan ternak jatuh sakit.

2. Belanda

Kenaikan Isa Al Masih adalah hari libur nasional. Beberapa liburan musim gugur disisihkan pada akhir April atau awal Mei. Mayoritas sekolah tutup selama 2-3 bulan, menjadikan liburan sebagai kesempatan untuk mengambil cuti dan liburan tahunan. Mereka kemudian berjalan atau menari di tengah embun untuk tujuan penyembuhan dan pembersihan.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ketahui Sejarah Penting Kenaikan Isa Almasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar